Tips dan Informasi Seputar Teknologi
Tips  

Bolehkah Kucing Makan Ayam Rebus Atau Goreng? Cek Penjelasan Yang Benar

kucing makan ayam

Pernahkah kamu sedang makan ayam lalu terbersit niatan untuk memberinya ayam namun kamu urungkan karena ragu tentang bolehkah kucing makan ayam?

Jika kamu pernah melakukannya, maka kamu termasuk bagian dari banyak orang yang menanyakan hal serupa. Tapi sebenarnya bolehkah kita memberi kucing makanan berupa daging ayam?

Tips Memberi Kucing Makan Ayam

Kucing adalah hewan karnivora sehingga sah-sah saja jika kucing makan ayam. Apalgi ayam merupakan hewan unggas yang umumnya lebih besar daripada kucing.

Sehingga meskipun kucing merupakan hewan yang suka berburu namun kucing sangat jarang sekali untuk memburu ayam. Satu-satunya kemungkinan kucing bisa makan ayam adalah melalui perantara manusia yang memberikannya.

Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu memberikan kucing makanan berupa ayam

1. Hindari ayam mentah

Ayam terutama pada bagian dada merupakan bagian yang paling dicari untuk diet karena tinggi protein dan rendah lemak. Kucing merupakan hewan mamalia yang membutuhkan protein hewani dengan jumlah cukup banyak sehingga dada ayam adalah pilihan yang sangat baik.

Meskipun begitu kamu tidak boleh memberikan dada ayam atau bagian apapun dari ayam yang masih mentah kepada kucing. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kucing terinfeksi bakteri E coli atau salmonella yang membahayakan kesehatan kucing.

Jika kamu bersikeras untuk memberikan daging ayam mentah, admin sarankan untuk memastikan mendapatkannya dari tempat yang dipercaya. Selain itu hindari ayam yang tidak sear, bersihkan ayam dengan air mengalir, dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Ketika menyajikan ayam mentah untuk kucing, hilangkan tulang ayam agar tidak melukai mulut dan sistem pencernaan kucing. Kemudian untuk menyimpannya, simpanlah ayam di dalam freezer supaya menghindari paparan bakteri atau parasit yang tidak diinginkan.

Atau kalau mau lebih jelas, bisa cek situs badilag.

2. Berikan ayam yang direbus

Pilihan yang terbaik jika kamu ingin memberikan ayam adalah dengan merebus daging ayam terlebih dahulu hingga masak. Dengan merebus daging ayam terlebih dahulu kamu sudah dapat membunuh bakteri dan parasit yang menempel pada ayam.

Selain itu hal ini memudahkan kamu untuk mengambil tulang ayam yang dapat membahayakn kucing ketika dimakan. Penting untuk kamu ingat bahwa dalam merebus ayam untuk kucing berbeda dengan memasak ayam untuk manusia makan.

Jika manusia memerlukan bumbu dan rempah-rempah untuk menambah cita rasa pada ayam, maka merebus ayam untuk kucing tidak menggunakan bumbu atau rempah apapun.

Bahkan ketika kamu merebus ayam, jangan menggunakan garam.

Pastikan kamu hanya merebus ayam dengan air saja dan tanpa imbuhan bumbu apapun untuk menghindari risiko kesehatan sistem pencernaan kucing.

3. Berikan Ayam Sesekali Saja

Ayam adalah sumber protein hewani yang sangat bagus untuk kucing. Sumber protein ini berfungsi untuk menjaga berat badan agar tidak kegemukan dan membantu pembentukan otot pada kucing.

Namun protein saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Ada vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kucing setiap hari.

Makanya jika kamu memperhatikan komposisi makanan kucing yang sehat dan seimbang, maka kamu akan menemukan bahwa bahan yang digunakan bukan daging ayam saja.

4. Tulang ayam sebaiknya dibuang

Tulang ayam sebaiknya dibuang dan tidak disajikan untuk kucing. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alasannya karena tulang ayam bisa membahayakan sistem pencernaan kucing.

Nah itulah sedikit ulasan singkat tentang bolehkah kucing makan ayam. Semoga bermanfaat dan Ingat selalu untuk konsultasikan kesehatan anabulmu dengan dokter hewan ya.